Profil Legenda PSG Henri Michel

PSG Henri Michel

Henri Michel, lahir pada 28 Oktober 1947 di Aix-en-Provence dan meninggal pada 24 April 2018 di Gardanne, adalah seorang pemain sepak bola internasional Prancis yang bermain sebagai gelandang dan pelatih.

Kariernya sebagian besar dihabiskan di FC Nantes di mana dia memenangkan tiga gelar juara Prancis dan satu Piala Prancis. Di tim nasional Prancis, dia dipanggil sebanyak 58 kali antara tahun 1967 dan 1980.

Setelah pensiun dari karier bermain, dia menjadi pelatih tim nasional Prancis Olimpiade yang memenangkan Medali Emas Olimpiade 1984.

Baca juga: Dilema Luis Enrique dalam Memilih Penyerang Utama PSG, Kenapa?

Setelah pensiunnya Michel Hidalgo, ia menjadi pelatih tim nasional Prancis senior yang memenangkan Piala Interkontinental 1985 dan membawa Prancis meraih posisi ketiga Piala Dunia FIFA 1986.

Henri Michel kemudian menjadi pelatih Paris Saint-Germain dan beberapa klub serta tim nasional Afrika, termasuk tim nasional Maroko.

Dilatih di Aix-en-Provence, Henri Michel bergabung dengan FC Nantes pada tahun 1966 segera setelah memenangkan gelar juara Prancis.

Dengan cepat, ia menjadi bagian penting dalam tim di posisi gelandang bertahan dan sebagai kapten. Dia menghabiskan enam belas tahun kariernya di klub ini, meraih tiga gelar juara Prancis, satu Piala Prancis, dan satu semifinal Piala Pemenang Piala.

Pada akhir kariernya, ia bermain sebagai libero bersama Patrice Rio dan Maxime Bossis, di antara lain. Dia tetap menjadi legenda FC Nantes, dengan total 532 pertandingan, rekor saat ini sejajar dengan Jean-Paul Bertrand-Demanes. Pada 21 April 2018, tiga hari sebelum kematiannya, ia terpilih sebagai “canari dari XI legenda FC Nantes,” dalam sebuah pemilihan daring oleh pendukung klub.

Dia dipanggil sebanyak 58 kali untuk tim nasional Prancis, dan bermain di Piala Dunia 1978.

Pada tahun 2022, majalah So Foot menempatkannya dalam 1000 pemain terbaik di Liga Prancis, di posisi ke-8.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *