Profil Claudio Echeverri, Bintang Muda Timnas U-17 Argentina

Claudio Echeverri

PSG INDONESIA MEDIA – Claudio Echeverri, kapten Timnas U17 Argentina, menjadi sorotan setelah mencetak hattrick dalam kemenangan 3-0 atas Brazil di perempat final Piala Dunia U-17 2023 di Jakarta International Stadium pada Jumat (24/11/2023).

Aksi gemilangnya mengantarkan Argentina melangkah ke semifinal dan mengeliminasi Brazil, sang juara bertahan.

Echeverri, lahir pada 2 Januari 2006, menunjukkan bakatnya saat ditemukan oleh pemandu bakat River Plate pada usia 10 tahun.

Baca juga: Usai Menang dari Monaco, PSG Yakin Bisa Tumbangkan Newcastle

Meski awalnya kesulitan beradaptasi di Buenos Aires, dia akhirnya berhasil dan menandatangani kontrak profesional dengan River Plate pada Desember 2022.

Pemain yang memiliki julukan “Si Setan Kecil” ini memiliki kemampuan dribel, kecepatan, dan tembakan yang kuat.

Biarpun mengalami cedera selama lima bulan, Echeverri mendapat promosi ke tim utama River Plate pada Mei 2023 dan melakukan debutnya kurang dari dua bulan kemudian.

Pada Maret 2023, Echeverri mendapat kesempatan berlatih bersama timnas senior Argentina dan bertemu langsung dengan Lionel Messi.

Baca juga: Keylor Navas – Profil Pemain PSG

Ia baru berusia 17 tahun, tetapi namanya masuk dalam daftar pemain terbaik dunia kelahiran 2026 versi The Guardian.

Proyeksi untuk Echeverri di level profesional lebih lanjut mencakup kebutuhan untuk memperkuat fisiknya.

Walau demikian, prestasinya di Piala Dunia U17 dan penampilannya bersama River Plate menjanjikan karier yang cemerlang di dunia sepakbola.

Fakta Menarik Claudio Echeverri

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik Echeverri yang membuat orang kagum.

Bakat Emas di Usia 10 Tahun

  • Pada 2016, Echeverri, yang berusia 10 tahun, memikat pemandu bakat River Plate dalam try out di Resistencia, Chaco, Argentina.
  • Direktur Perekrutan River Plate, Daniel Brizuela, melihat bakat istimewa dalam diri Echeverri dan menyebutnya sebagai “emas.”

Pengagum River Plate

  • Echeverri bergabung dengan River Plate setelah pemandu bakat mengunjungi rumahnya di Villa Rio Negro.
  • Meskipun masih sangat muda, Echeverri menyatakan cintanya kepada River Plate dan tekadnya untuk bermain di Primera, kasta tertinggi Liga Argentina, bersama klub tersebut.

Latihan Bersama Lionel Messi

  • Echeverri mengikuti turnamen pertamanya di luar negeri pada Juli 2017 di Venesia, Italia, dan mencetak empat gol melawan Juventus, membuat namanya semakin dikenal.
  • Pada Maret 2023, Echeverri mendapat kesempatan berlatih bersama timnas senior Argentina, bertemu langsung dengan idolanya, Lionel Messi.

Masuk Tim Utama River Plate di Usia Muda

  • Setelah menjadi bintang pada Kejuaraan Amerika Selatan U17, Echeverri diangkat ke tim utama River Plate oleh pelatih utama Martin Demichelis pada Mei 2023.
  • Debutnya kurang dari dua bulan kemudian dan ia memberi assist dalam pertandingan melawan Insituto.

Titisan Messi

  • Echeverri dijuluki “El Diablito” dan dianggap sebagai penerus Lionel Messi karena kemampuannya mengolah bola, kecepatannya, dan ketajaman dalam mencetak gol.
  • Meski masih muda, Echeverri senang diakui dan disamakan dengan Messi, menyatakan bahwa ini adalah penghargaan bagi kerja keras dan kemampuannya dalam sepakbola.

Sumber: Kompas.com

Baca juga: Carlos Soler – Profil Pemain PSG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *