Warren Zaïre-Emery – Profil Pemain

Profil Zaire Emery

PSG INDONESIA MEDIA – Warren Zaïre-Emery (lahir 8 Maret 2006) adalah pemain sepak bola asal Prancis yang bermain untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain.

Zaïre-Emery bermain sebagai gelandang. Dia adalah produk PSG Academy.

Ia melakukan debut profesionalnya di PSG pada Agustus 2022. Di musim debutnya, ia menorehkan berbagai rekor. Zaïre-Emery menjadi pencetak gol termuda sepanjang sejarah klub dan pemain termuda dalam sejarah Liga Champions UEFA yang memulai pertandingan fase gugur saat dia berusia 16 tahun.

Baca juga: Red Star Football Club

Pada tahun yang sama, Zaïre-Emery juga merasakan gelar Ligue 1 pertama bersama PSG.

Kiprahnya juga cemerlang di level tim nasional. Dia masuk dalam skuad Prancis U-21. Thierry Henry sebagai pelatih memberi kepercayaan kepada Zaïre-Emery sebagai kapten tim pada September 2023. Dia pun menjadi kapten termuda Prancis U-21 dalam tiga puluh tahun terakhir.

Perkembangan cara bermainnya sangat cepat. Pelatih timnas Prancis Didier Deschamps terpukau dengan bakat sanga pemain. Zaïre-Emery pun akhirnya masuk untuk pertama kali ke dalam skuad timnas Prancis pada 9 November 2023 untuk menghadapi babak kualifikasi Euro 2024.

Nama LengkapWarren Zaïre-Emery
Tempat LahirMontreuil, Prancis
Tanggal Lahir8 Maret 2006
Tinggi 178 cm
Posisi Gelandang

Pujian Thierry Henry dan Luis Enrique

Nama Warren Zaire-Emery selalu menjadi perbincangan dalam pemberitaan bola Prancis. Tidak kurang, pelatih Prancis U-21 Thierry Henry dan pelatih PSG Luis Enrique memberikan sanjungan terhadap dirinya.

Thierry Henry merasa takjub terhadap penampilan Zaire Emery. Dia mengaku belum pernah melihat pemain semuda dia yang terlihat matang dan dewasa.

Sementara Luis Enrique mengibaratkan Emery seperti berlian berharga untuk PSG.

“Warren itu seperti berlian. Sangat mudah mengarahkan pemain seperti dia, dengan karakter bawaan yang dia punya. Kelebihan terbesarnya adalah sifat rendah hatinya,” kata Luis Enrique usai laga AC Milan vs PSG, Rabu, 8 November 2023.

Zaire Emery mengontrol bola
Zaire Emery mencetak gol untuk menambah keunggulan PSG atas Montpellier. Skor akhir 3-0 untuk kemenangan Les Parisiens, Sabtu, 4 November 2023.

Kepribadian Zaire Emery dianggap sebagai seorang pekerja keras.

Ethan Mbappe, rekan setimnya di PSG menyebut Zaire-Emery berlatih dan bekerja seperti robot.

“Kami memanggilnya Robot karena dia selalu bekerja.”

“Dia membiarkan dirinya sedikit istirahat, bahkan ketika dia makan atau berjalan, dia dalam keadaan lurus, berkontraksi, seperti robot,” kata Ethan Mbappe..

Debut Profesional

Zaire Emery menandatangani kontrak profesional pertamanya musim panas lalu di PSG pada usia 16 tahun. Dia menjadi pemain termuda PSG pada akhir pekan pembuka musim.

Pelatih PSG saat itu Christophe Galtier adalah orang yang pertama kali membawa sanga wonderkid ke skuad utama.

“Saya secara perlahan mulai mengenal Warren selama beberapa bulan terakhir,” kata pelatih PSG, Christophe Galtier, kepada Ligue 1 Show di beIN SPORTS, pada April 2023.

“Saya baru saja mengatakan bahwa jika dia terus tampil baik dan memberikan sesuatu ekstra untuk tim, maka tidak ada alasan mengapa dia tidak akan mendapatkan lebih banyak waktu bermain.”

Musim 2023, Zaire Emery mulai rutin masuk sebagai starter utama PSG di Ligue 1 maupun Liga Champions Eropa.

Dia mampu bersaing di lini tengah PSG bersama Vitinha, Carlos Soler, Fabian Ruiz, Manuel Ugarte dan Kang-in Lee.

Klub-klub besar Eropa terutama dari Liga Inggris seperti Manchester United mulai memperhatikan dirinya. Akan tetapi, kecintaannya terhadap PSG membuat keinginan klub lain menjadi berat untuk merekrutnya.

Baca juga: Diincar Banyak Klub Eropa, Berapa Harga Jual Zaire Emery?

Zaire Emery Lee Kang In
Zaire Emery dan Lee Kang In.

Zaire Emery Pemain Termuda Sepanjang Sejarah Prancis

Warren Zaire Emery, mencatatkan penampilan internasional perdananya bersama timnas Prancis menghadapi Gibraltar dalam kualifikasi Euro 2024, Minggu, 19 November 2023.

Posisi starter-nya membuatnya menjadi pemain termuda dalam sejarah internasional Prancis pasca-perang.

Dengan usia 17 tahun, 8 bulan, dan 10 hari, Zaire Emery menjadi pemain internasional sepakbola profesional Prancis termuda melampaui rekor sejak tahun 1914.

Dia juga menjadi pencetak gol termuda Prancis dalam 100 tahun terakhir, berkat golnya pada menit ke-16.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *